Thursday 15 January 2015

Pada dasarnya, mechanical keyboard atau yang biasa disebut mech keyboard, memiliki fungsi yang sama persis dengan keyboard pada umumnya. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas apa itu mechanical keyboard? Apa bedanya dengan keyboard biasa? 

Simak ulasan dibawah ini!



Nama mechanical keyboard masih cukup asing bagi orang awam, karena sebagian besar pengguna komputer sudah cukup dengan keyboard biasa yang memiliki harga tergolong terjangkau, jika dibandingkan dengan mechanical keyboard.

Pada dasarnya,keyboard biasa tutsnya masih menggunakan karet dan terdapat papan plastik lentur, mengharuskan kita menekan hingga key menghantam papan. Sehingga terjadi kontak saat papan plastik ditekan. (Lihat gambar)



Tentu ini cukup membuang-buang waktu dan energi.

Bagaimana dengan mechanical keyboard?

Mechanical keyboard tidak menggunakan papan plastik ataupun karet sebagai penghantamnya, tetapi menggunakan pegas dan sebuah kawat sehingga tidak mengharuskan kita menekan sampai dasar(lihat gambar)
tampak tuts mechanichal keyboard cheryMX dari samping(gambar kiri)dan tampak mechanical keyboard dari depan(gambar kanan)



Pada gambar gif tersebut, terlihat kawat sudah terjadi kontak walaupun tuts belum ditekan hingga dasar. (klik gambar agar bergerak)

Sesuai pengalaman saya memakai keyboard  mechanical, memang asik rasanya mengetik di keyboard mecha dibandingkan dengan keyboard membrane biasa. Karena saat mengetik terdapat suara khas mecha keyboard, juga tidak melelahkan.

Keyboard mech yang pernah saya pakai yaitu Blackwidow X Chroma, keyboard ini mengadopsi Razer Green Switch, mirip dengan Blue Switch. Blackwidow Ultimate.

Penasaran apa bedanya switch pada mechanical keyboard [advanced] ? klik disini!

Kelebihan mecha keyboard
+mengetik lebih asik
+menekan tuts/key tidak diharuskan sampai dalam
+tuts bisa di copot dan dibersihkan
+ada 'feel' mengetik yang enteng.


kekurangan mecha keyboard--
-hanya saja memang mahal
-menjadikan keyboard lebih tebal dan berat

-untuk beberapa jenis switch, menjadi lebih berisik.

Demikian pengertian dan perbedaan mecha keyboard dengan keyboard biasa.

Saran dan kritiknya saya harapkan, terima kasih ^_^

2 komentar:

firmanputra908 said...

Thanks gan,sangat bermanfaat postingan nya

Unknown said...

Gud ea

Entri Populer