Friday 21 September 2018



Jika anda traveller, travelling ke Magelang tidak lengkap rasanya kalau belum mendaki Gunung Merapi yang ketinggiannya hampir 3000 mdpl, atau Gunung Sumbing, yang tingginya diatas 3000 mdpl.

"waduh, 3000 mdpl tinggi juga gan, ane masih pemula, belum pernah naik gunung gan!"

Nah, bagaimana jika demikian?
Apabila sobat memang pemula, dan ingin menjadi traveller pendakian, Gunung Andong yang berlokasi di antara Desa Ngablak dan desa Tlogorejo ini merupakan destinasi yang tepat untuk pemula! 

Mengapa demikian? simak ulasan di bawah ini!




1. Ketinggian yang pas dan tidak terlalu tinggi.

sebagai pemula, 3000 mdpl untuk pertama kalinya cukup melelahkan. Gunung Andong memiliki ketinggian dibawah 2000 mdpl, cukup sebagai arena 'latihan' untuk para pemula. (pengalaman saya pertama naik Gunung, ke Andong dulu gan!)




2. Pemandangan yang luar biasa

menaiki lebih dari 4000 anak tangga akan cukup melelahkan. Sepanjang jalan pendakian terdapat pohon pohon tinggi yang memanjakan mata, ditambah sesampainya di puncak segala letih dan lelah menghilang karena udara sejuk dan landscape yang menyajikan pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Sindoro yang berjejer serta Kota Magelang dari ketinggian yang indah.
Apabila langit sedang cerah, anda bisa mendapatkan sunrise dan sunset yang menawan! sebaiknya jika ingin melihat sunrise, berdirilah di puncak paling timur, saat sunset berdirilah diatas makam. itu merupakan spot terbaik untuk melihat sunset. 
Sebenarnya setiap spot bagus, namun kendala pengunjung yang ramai, biasanya akan mengganggu pemandangan.

3. Titik-titik pos yang tidak terlalu berjauhan

Ada kalanya istirahat disaat sedang proses pendakian, untuk para pemula, pos pos yang berdekatan ini sangat cocok untuk memulihkan energi yang terkuras.

4. Para pendaki yang ramah

Jangan kaget apabila selama perjalanan menuju puncak, anda akan terus berpapasan dengan orang asing sambil di sahuti "permisi mas", "nuwun sewu nggih", "mari/monggo mas mbak" . Bagi para pemula, ini akan memberikan pengalaman yang bikin nagih untuk naik gunung!

5. Terdapat warung di puncak

Ini sudah menjadi hal biasa, setelah energi terkuras untuk mendaki, pasti disusul dengan rasa lapar, haus. Jangan khawatir apabila persediaan habis atau tidak membawa makanan, di puncak sudah tersedia warung makan, dan jangan protes anda tidak akan menemukan fasilitas Wi-fi!

6. Sinyal tetap terjangkau dan kencang

Puncak Gunung identik dengan antah berantah. Walau begitu, sinyal 4G tetap terjangkau dan seringkali sinyal full, cocok untuk kalian sosmed enthusiast yang ingin segera update status, disini bisa!  (tested telk*msel)

Lalu, apa saja yang harus dihadapi di puncak nanti?

Saya sangat sarankan, untuk membawa masker (masker pernafasan, bukan masker wajah). Dikarenakan kondisi puncak apabila dalam keadaan kering, akan sangat berdebu. 
Dan biasanya saat weekend, keadaan cukup ramai. Jadi pintar-pintarlah memilih waktu mendaki dan memasang tenda, karena telat sedikit saja ruang untuk memasang tenda tinggal sedikit.

Demikian ulasan tentang gunung andong, semoga bermanfaat. Apabila terdapat pertanyaan, silahkan email saya di pojok kanan atas (fast response). Terima Kasih!! 
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 komentar:

Entri Populer